Mencari Hotel dan Penginapan Syariah di Bekasi?


Apakah Anda tengah Mencari Hotel dan penginapan Syariah di Bekasi? Sila pertama dalam Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Indonesia memberikan kebebasan masyarakatnya untuk memilih agama dan kepercayaan yang dianut.

Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam bahkan Indonesia menempati urutan pertama dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Jumlah umat Islam di Indonesia 199.959.285 jiwa atau 85,2% dari jumlah total penduduk. Umat Islam atau muslim berpedoman pada Al-Quran (kitab umat Islam) dan As-sunnah (perilaku, perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad SAW) untuk mengatur pola kehidupannya.

Pola kehidupan ini dibarengi dengan pertanyaan kritis yang sering kali di lontarkan oleh kaum muslim dalam memutuskan berbagai hal misalnya halal atau haram, ada atau tidaknya syariat, dasar hukum, dan lain-lain yang sesuai dengan ketetapan agama Islam. Sebagai orang muslim juga memerlukan tempat wisata dan tempat menginap jika sedang melakukan perjalanan jauh. Dari kebutuhan tersebut juga memunculkan suatu problematika mengenai penginapan yang sesuai syariat dan bagaimana konsep Islam tentang hotel atau penginapan?

Islam telah mengenal sistem hotel pada masa peradaban Islam. Dalam surah An Nur ayat 29

Artinya: “tidak dosa atasmu memasuki rumah yang tidak didalami, yang di dalamnya ada keperluanmu” imam Thabari menafsirkan ayat ini dengan “Wahai manusia, tidak ada dosa atasmu untuk memasuki rumah-rumah yang tidak berpenghuni tanpa izin”.

Hotel syariah adalah hotel yang menerapkan konsep Islami yaitu hotel yang menerapkan syariah agama Islam dalam operasional hotel. Hotel syariah muncul untuk mengurangi pandangan masyarakat tentang hotel yang berisi minuman keras, narkoba, tempat zina dan perbuatan negatif lainnya

Aturan-aturan yang dijadikan acuan untuk menjalankan operasional berdasarkan hukum syariah ini dasar hukumnya adalah Rukun iman dan Rukun Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadist. Syariah dalam segi Mu’amalah membahas hubungan manusia dan lingkungannya secara horizontal.

Persamaan hotel muamalah dan hotel konvesional

Persamaan hotel muamalah dan hotel konvesional yaitu sama-sama menjualkan jasa penyewaan kamar, restaurant, fasilitas Koran pagi dan kolam renang. Kolam renang di hotel syariah jelas bukan kolam renang yang dipakai bersama-sama antara wanita dan laki-laki karena itu bertentangan dengan sabda Rasulullah SAW “janganlah seorang laki-laki melihat aurat laki-laki lain, jangan pula seorang wanita melihat aurat wanita lain, dan janganlah seorang laki-laki masuk bersama laki-laki lain dalam satu selimut, jangan pula seorang wanita masuk bersama wanita lain dalam satu selimut” (HR. Muslim dari Abu Sa’id Al-khudri r.a).

Kolam renang yang sesuai syariah adalah kolam renang yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, bukan hanya terpisah lokasinya, kolam renang untuk perempuan haruslah kolam renang yang tertutup dan tidak bisa dilihat dari luar serta memiliki kamar ganti yang tertutup.

Perbedaan hotel konvensional dan hotel syariah

Perbedaan hotel konvensional dan hotel syariah dapat dilihat melalui beberapa fasilitas yang ada di dalamnya seperti: Adanya mushola atau masjid, mengumandangkan Azan di setiap waktu sholat, tidak diizinkan bagi perempuan untuk bertemu dengan yang bukan mahramnya di dalam kamar, tamu yang bukan mahram tidak boleh menginap dalam satu kamar, menggunakan rekening syariah dalam proses transaksinya, tidak ada lukisan atau gambar makhluk yang bernyawa di dalam hotel, kegiatan operasionalnya dihentikan sementara pada hari jumat, memiliki sertifikat halal dari MUI dan tidak menyediakan minuman beralkohol dan narkotika.

  • Adanya mushola atau Masjid

Hotel syariah di dalamnya harus terdapat mushola atau masjid karena masjid adalah  tempat ibadah untuk orang Islam. Untuk laki-laki diwajibkan sholat jamaah di masjid “Sholat satu orang dengan satu orang lainnya lebih banyak pahalanya dari sholat sendirian, sholat seseorang dengan dua orang lebih banyak pahalanya dari pada sholat dengan satu orang, dan semakin banyak, hal itu lebih dicintai oleh Allah” (HR. Ahmad, Abu Daud, an Nasa’I, Ibnu Hibban dan dishahihkan Ibnu as Sakan dan al Hakim). Adanya masjid di area hotel akan mempermudah muslim untuk menunaikan kewajibannya tanpa perlu berjalan keluar dari hotel ini juga menjadi poin plus untuk hotel.

  • tidak diizinkan bagi perempuan untuk bertemu dengan yang bukan mahramnya di dalam kamar

hukum berduaan atau berkhalwat antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram adalah haram secara mutlak berdasarkan firman Allah QS Al Isra’ ayat 32 yang artinya “janganlah kamu mendekati zina itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk”. Untuk mengantisipasi ini biasanya pihak hotel akan menganjurkan untuk laki-laki dan perempuan bertemu di lobb hotel karena akan banyak orang yang berlalu lalang.

  • Menggunakan rekening syariah dalam proses transaksinya

Hotel syariah akan menggunakan rekening dari bank syariah sebagai rekening yang digunakan untuk proses transaksi misalnya membayar pegwai, membayar tagihan, pembayaran yang dilakukan costumer, dan transaksi lain yang berhubungan dengan operasional hotel.

  • Tidak ada lukisan atau gambar makhluk yang bernyawa di dalam hotel

Dari hadist ‘Aisyah ra ia berkata yang artinya: “Rasullulah Shallallahu’alahihi wasallam pulang dari safar. Ketika itu aku menutup jendela rumah dengan gorden yang bergambar (makhluk bernyawa). Ketika melihatnya, wajah Rasullulah berubah. Beliau  bersabda: “wahai Aisyah orang yang paling keras azabnya di hari kiamat adalah yang menandingi ciptaan Allah” lalu aku memotong-motongnya dan menjadikan satu atau dua bantal” (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Tidak menyediakan minuman yang beralkohol dan narkotika

Hukum menjual minuman keras atau alkohol adalah haram, dari Jabir bin Abdillah beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda di Mekkah saat penaklukan kota Mekkah yang artinya: “ Sesungguhnya, Allah mengharamkan jual beli khamar, bangkai, babi dan patung” (HR. Bukhari dan Muslim).

Narkotika dan bahan adiktif lainnya jelas dilarang penggunaan dan transaksinya di Indonesia, Hotel syariah dan Hotel konvesional tidak ada yang diperbolehkan menjual atau tempatnya digunakan untuk melakukan transaksi jual beli narkoba.

Hiburan atau rekreasi adalah salah satu kebutuhan rohani yang diperlukan oleh manusia selain memenuhi kebutuhan jasmaninya. Memilih tempat rekreasi yang Islami atau syariah saat ini menjadi kebutuhan umat Islam di Indonesia. Berbagai tempat tujuan wisata yang bernuansa syariah menerapkan sistem yang sesuai dengan Al-Quran dan As-sunnah.

Di Indonesia tempat wisata syariah telah banyak dibuat salah satunya lafapark kolam renang Islami, lafapark fitness Islami, dan lafapark hotel syariah yang berada di wahana Rekreasi lafapark family adventure yang beralamat di Jl. Rengasbandung cikarang timur, Bekasi. Harga tiket masuk lafapark family adventure pada hari normal senin- jumat 25 ribu untuk paket 55 ribu untuk renang ditambah 5 permainan.

Untuk hotel lafapark syariah tarif per malam 150 ribu dengan fasilitas ruangan AC, TV LED, Wifi, sarapan untuk 2 orang, gratis renang di kolam renang Islami, Fitness dan terapi iklan.

Berbisnis hotel konvensional dalam pandangan Islam masih diperbolehkan selama tidak terjadi penyimpangan akidah di dalamnya seperti menjual minuman keras, dijadikan tempat transaksi narkoba di mana pihak hotel juga terlibat dan tempat maksiat  tetapi paradigma masyarakat tentang bisnis hotel susah di rubah untuk itu adanya konsep hotel dan penginapan yang sesuai syariah yang menawarkan berbagai fasilitas untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama Islam sebagai jawaban atas keraguan yang dialami muslim tentang paradigma di masyarakat.

Lafapark Hotel dan Penginapan Syari’ah

Jl. Raya Rengas Bandung No. 55 – Cikarang Timur – Kabupaten Bekasi

  • Telp: 021-89140714
  • Mobile: 0812-8302-9731
  • Mobile: 0812-8206-0123

Tiket dan Reservasi: http://www.lafa-park.com

 

Advertisements

Tinggalkan Komentar Anda!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s