Pentingnya Periksa Kesehatan Secara Dini


Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan relativ rendah. Selain faktor biaya, hal itu juga karena masyarakat menganggap dalam keadaan sehat. Padahal seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh menurun sehingga rentan sakit

Di beberapa Rumah Sakit bisa kita lihat dari semua pasien yang memeriksakan kesehatan hanya 10 persen yang memeriksakan kesehatan mereka secara individu, sisanya dari kalangan perusahaan yang sedang merekrut karyawan atau MCU secara berkala.

Salah satu penyebab seseorang enggan memeriksakan kesehatan adalah faktor dana. Biaya pemeriksaan dasar (pemeriksaan fisik, darah, dan urine) mencapai Rp. 500.000. tes kesehatan lengkap seperti pemeriksaan laboratorium dan rekam jantung menelan dan sekitar Rp 3 juta.

Pentingnya Periksa Kesehatan Secara Dini

Selain itu tak ada rasa sakit, masyarakat mengganggap tak ada yang perlu diperiksa. Padahal pemeriksaan itu sangat penting agar ada penanganan lanjutan. Terkadang kita “Ada rasa takut jika hasil tes pemeriksaannya abnormal”.

Padahal pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui perkembangan tubuh seiring pertambahan usia. Pada usia 25-40 tahun, batas toleransi periksa kesehatan ialah 5 tahun. Diusia 40 tahun keatas, pemeriksaan dianjurkan minimal sekali setahun karena metabolisme tubuh dan fungsi organ turun dibandingkan saat muda.

Pemeriksaan kesehatan juga dianjurkan lebih rutin saat memasuki usia kerja karena resiko dan jenis pekerjaan mempengaruhi kondisi kesehatan. Tujuannya adalah agar kesehatan kita bisa terpantau dengan baik jadi ketika ada masalah kita bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Karena mencegah lebih baik dan lebih murah dibandingkan pengobatan lebih susah dan harus mengeluarkan biaya yang banyak. Semoga bermanfaat.

Oleh dr Herfin Herdiana, sumber: Buletin Yadiska edisi 9

Tinggalkan Komentar Anda!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s