Reptil


Panggilah seseorang dengan nama seekor reptil, maka mereka tidak menganggapnya sebagai sebuah seruan kecuali para reptil, termasuk kura-kura, kadal, buaya dan ular yang telah menjalani masa yang panjang dibanding kita.

Kulit yang bersisik dan berdarah dingin merupakan hal penting mereka. Kulit bersisik reptil membantunya menjaga dari penguapan. Amfibi, seperti katak air dan kata pohon jauh lebih terbatas perjalananya. Kulit mereka yang lembab membuat mereka sangat bergantung pada air. Dan mereka jarang berada jauh dari air.

Sisik memiliki kegunaan lain. Ular menggunakan mereka untuk berpegangan di tanah. Pada kebanyakan ular, sisik bagian perut membentuk lapisan yang saling meliputi. Sisi lentur lapisan memegang tanah dan membantu menghasilkan pergerakan ular tanpa kaki.

Pada penyu dan kura-kura, beberapa sisik telah berkembang menjadi tempurung yang tebal. Kura-kura darat, seperti jenis besar Galapagos, memiliki kulit tempurung kubah tinggi, terlalu besar untuk menggigit.

Desain tubuh penyu laut membuat bergerak lambat di darat. Tempurung mereka dibuat streamline untuk bergerak di bawah air. Di balik kulit yang bersisik, reptil merupakan binatang vertebrata dengan banyak adapasi unik.

Desain buaya bekerja baik di air. Ekor yang panjang memudahkan berrenang, dan sebuah selaput di bagian belakang kerongkongan menjaga air memasuki paru-paru, memungkinkan buaya bernapas di dalam air.

Beberapa reptil daratan yang lebih kecil, seperti kadal bertanduk,merupakan binatang yang mudah beradaptasi dengan kehidupan padang pasir. Dengan sedikit tempat untuk bersembunyi, kamuflase kadal bertanduk membantu mereka menyamarkan diri ke lingkungan sekitar dan tampang mengancam yang mengesankan menakut-nakuti para predator jika kamuflase tidak cukup.

Sebagai spesies yang bervariasi dan kompleks seperti habitat yang mereka tinggali, jumlah spesies reptil mengalahkan mamalia. Meski kita menganggap mereka sebagai binatang berdarah dingin, darah mereka bisa menghangat atau lebih hangat dari tubuh kita.

Ekspresi tersebut bermakna bahwa hanya reptile yang tidak dapat mengatur suhu mereka sendiri dan menggunakan alat perilaku untuk memanaskan atau menurunkan suhu mereka.

4 thoughts on “Reptil

  1. @Sutono: Silakan download, semoga bermanfaat, artikel ini saya terjemahkan dari discovery channel..

Tinggalkan Komentar Anda!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s